> yppi schools: Kelahiran YPPI dan Kurikulum Indonesia
  • sekolah yppi

    Knowledge is the Power

    Apalah arti pengetahuan yang luar biasa namun kita dijauhi teman. Ada yang mencuat disini: arogansi... more »

  • kurikulum 2012

    HUT YPPI ke-65

    Sejarah YPPI - Yayasan Pendidikan dan Pengembangan Indonesia, sebuah catatan singkat... more »

  • Potret YPPI Surabaya

    Secara garis besar, kurikulum ini meneruskan tradisi pendidikan di jaman penjajahan Belanda dan Jepang. Walau berdasar Pancasila dan UUD 45 more »

  • Pentingnya Multiculture

    Indonesia mempunyai lebih dari 300 etnis. Ditambah ASEAN, sudah tambah 10 sub culture lain. Tambah ASIA, ada 20 sub culture lagi..... more »

  • Juara DBL Competition 2011

    SMP YPPI 2 menjuarai kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia more »

  • Kuliner menjadi santapan wajib

    Kuliner menjadi primadona, selain diperlombakan, kuliner layak dipelajari secara serius. Banyak sekali entrepreneur suskses di bidang ini. Inovasi dan konsistensi rasa masakan menjadi tantangannya...more »

  • Balita Mandiri TK YPPI

    Tidak cengeng, sopan dan mandiri, inilah impian orang tua. Disinilah peran pendidikan menjadi utama. Tidak hanya berbekal nilai di atas kertas, lebih dari itu, pergeseran karakter dari manja menjadi mandiri merupakan...more »

  • Praktek Science di Sekolah

    Ilmu pengetahuan itu touchable. Kehadirannya untuk mempermudah manusia bertahan hidup. Rusaknya lingkungan adalah akibat yang sering tidak kita perhitungkan. Walaupun sudah dihitung dengan cermat, sering meleset saat praktek...more »

  • Cara Membuat Batik Untuk Anak

    Batik warisan leluhur. Detil dan kahalusannya sering menjadi tolok ukur mutu. Mungkinkah ini diajarkan pada anak TK? Pressing dan komposisi sederhana dalam mengerjakan batik... more »

  • Cara Menggambar Manga ala YPPI

    Komik jepang punya penggemar tersendiri. Bahkan komik jepang (manga) yang dibaca dari belakangpun laris manis di pasaran. Bisakah kita membuat komik itu? Apa saja yang dibutuhkan...more »

  • Sepenggal kisah kolam renang

    Ada apa di balik kolam renang YPPI? Air menggenang jernih itu menyimpan sederet kisat menggelikan, membuat orang tersenyum bila mengingatnya...more »

  • Menunggu hasil Unas 2012

    "Tuhan semoga aku bisa mengerjakan soal unas," gumam Khoiri di kamarnya selepas menutup buku berjudul" sukses unas 2012". Bisa jadi itu adalah kalimat doa yang diucapkan jutaan siswa lain sehari sebelum unas dimulai...more »

Kelahiran YPPI dan Kurikulum Indonesia

Sejarah YPPI - Sisa-sisa penjajah Belanda masih terasa. Tak terkecuali di bidang pendidikan. Baru di tahun 1947, pemerintah Indonesia membuat kurikulum pertama. Kala itu bernama Leer Plan (Rentjana Peladjaran). Mengingat kondisi masih carut –marut oleh Agresi Militer Belanda I, kurikulum ini baru diterapkan 3 tahun kemudian.



surabaya tempo dulu, agresi militer belanda, aksi polisional


Isi Kurikulum Pertama di Indonesia
Secara garis besar, kurikulum ini meneruskan tradisi pendidikan di jaman penjajahan Belanda dan Jepang. Walau berdasar Pancasila dan UUD 45, muatan politis kurikulum ini masih sangat pekat. Secara teknis ada dua hal pokok dalam kurikulum ini: Pertama, daftar mata pelajaran beserta durasi pengajaran. Kedua, garis besar bahan ajar. Kala itu pemerintah menganggap penting kebanggaan sebagai bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat, sejajar dengan bangsa lain. Bahasa pengantar dalam pendidikanpun masih didominasi bahasa Belanda. Untuk kalangan Tionghoa, mereka lebih banyak menggunakan bahasa mereka sendiri ketimbang bahasa Indonesia.

Lahirnya YPPI
Susahnya mencari sekolah yang berbahasa Indonesia. Di Surabaya baru ada sekitar 4 sekolah yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Kondisi ini menyulut Congregate Tionghoa, Muhammadyah dan NU, untuk mendirikan sekolah berbahasa Indonesia. Ide ini memperoleh respon positif dari kalangan masyarakat yang nasionalis. Sejak kali pertama didirikan , 1 Juli 1947, YPPI sudah multiculture. Dengan tekad berbagi yang cukup tinggi, para pendiri YPPI rela menggunakan dana pribadi untuk membiayai YPPI.

Tantangan YPPI 1947
Kondisi ekonomi saat itu belum stabil. Apalagi 21 hari setelah YPPI lahir, Belanda melancarkan agresi militernya I di daerah basis minyak dan kekayaan alam: Sumatra dan Jawa, khususnya daerah pantai Utara Jawa. Daerah ini sangat kaya minyak, tembakau dan tebu. Dalam kondisi seperti ini, semangat belajar sangat rendah. Mereka lebih suka berperang mempertahankan kemerdekaan daripada masuk sekolah. Inisiatif untuk mengembangkan pendidikan tetap masih ada, justru dari kalangan non pemerintah.


jalan genteng kali surabaya, peta surabaya dulu, peta kuno


YPPI 1948 - 1957
Tahun 1948 : TK di jalan Sidodadi I / 34, Surabaya.
Tahun 1949 : Dibuka sebuah SD di jalan Kusuma Bangsa 124, Surabaya.
Tahun 1952 : Dibuka SMP di jalan Gentengkali 10, Surabaya.
Tahun 1957 : Dibuka SMA di jalan Donokerto XI / 18-20. Kala itu pemerintah mengeluarkan peraturan bahwa para murid keturunan Tionghoa wajib bergabung dalam sekolah ber kurikulum dan berbahasa Indonesia. Akibatnya, YPPI Donokerto membuka tingkat TK- SD-SMP-SMA.

YPPI 1967 - 1987
Tahun 1967 : Fasilitas YPPI ditambah, mulai gedung, alat peraga, laboratorium, perpustakaan dan UKS.
Tahun 1972 : SD YPPI telah menerapkan sistem pemakaian sekolah "Comprehensive", dan merintis sekolah pembangunan sesuai dengan prasarana dari pemerintah.
Tahun 1979-1985 : YPPI membangun gedung sekolah berlantai 4 diatas lahan seluas 15.957m2 dikompleks perumahan Manyar Kertoarjo / Dharmahusada Indah. Sekarang menjadi Jl Dharmahusada indah Barat VI / 1 Surabaya, untuk kegiatan pendidikan TK-SD-SMP-SMA.


Tahun 1986 : YPPI mendirikan Perguruan Tinggi Universitas Widya Kartika yang masih menjadi satu dengan gedung sekolah Jl Dharmahusada indah Barat VI / 1, sebagai wadah pendidikan lanjutan bagi para murid SMA YPPI. Selain itu YPPI meluncurkan Program Pendidikan Jangka Panjang (PPJP) untuk para murid YPPI dari jemjang TK hingga Perguruan Tinggi (UWIKA).
Tahun 1987 : YPPI mendirikan TK dan SD di jalan Sutorejo Utara I / 2-6 Surabaya. Dan sekarang berkembang menjadi TK-SD-SMP YPPI. Selain itu YPPI juga mendirikan SMA YPPI di jalan Kapasari 126-128 Surabaya.




Gedung YPPI DHI, Pendaftaran siswa baru, gedung Gloria


YPPI 1990 - 2007
Tahun 1990 : YPPI menampung sekitar 200 orang murid yang berasal dari Ambon, yang eksodus ke Surabaya, karena menjadi korban akibat keusuhan sosial di Kota Ambon.
Tahun 1996 : UWIKA menempati kampus baru di lahan seluas 8000 m2 berlantai 4 di jalan Sutorejo Prima Utara II / 1 Surabaya.
Tahun 2007 : UWIKA melakukan perluasan dan pembangunan gedung menjadi berlantai 5, dengan dilengkapi fasilitas yang memadai (Lift) dengan areal seluas 1500 m2, dan akan di pergunakan sebagai fakultas Bahasa Tionghoa, sebagai jurusan baru.Saat ini, UWIKA tengah mempersiapkan diri mendapatkan ISO 9001 : 2000 (Sistem Manajemen Mutu), untuk peningkatan kerja dan layanan mutu. Mulai tahun 2007 ini, YPPI mulai menerapkan sekolah berbasis e-School, berkarakter dan berwawasan global.
Hingga kini,...
YPPI telah mendidik lebih dari 50.000 siswa, memiliki 10 unit sekolah dan 1 perguruan tinggi.

1 comments:

中華之友 mengatakan...

http://megapolitan.kompas.com/read/2014/05/12/1304427/Kasus.Kriminalitas.Anak.Akibat.Kacaunya.Sistem.Pendidikan?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Ktswp

music indonesia, festival music surabaya pemain basket indonesia, logo DBL jawa pos badminton federation logo, logo badminton, logo bulutangkis
infografis indonesia, infografis sekolah, data sekolah se-surabaya agenda sekolah, agenda event
lokasi sekolah yppi, lokasi sekolah, lokasi sekolah negeri
daftar siswa berprestasi surabaya, YPPI, prestasi
pendaftaran murid baru, YPPI sekolah, sekolah negeri dan unas  formulir pendaftaran sekolah
cbox indonesia